Kamis, 02 April 2009

Visi, Misi dan Wawasan Kota Samarinda


VISI :

Samarinda sebagai Kota Jasa, Industri, Perdagangan dan Pemukiman yang berwawasan lingkungan.
MISI :

Meningkatkan fasilitas dan Utilitas penunjang sektor jasa, industri, perdaganan dan pemukiman Mencari alternatif komonditi baru untuk pengembangan komonditi ekspor Mengembangkan suberdaya manusia yang mengarah pada profesionalisme Meningkatkan peran serta perbankan dan lembaga keuangan lainnya termasuk koperasi untuk mendukung sektor jasa, industri dan pemukiman yang terkait dengan sektor lainnya.
STRATEGI :

Mengoptimalkan potensi sumberdaya alam yang belum digali bagi kepentingan pembangunan. Mengoptimalkan potensi sumberdaya manusia yang ada. Mengoptimalkan potensi kelembagaan yang ada Mengurangi atau menghilangkan dampak lingkungan.
MOTTO :

Samarinda Kota TEPIAN (Teduh, Rapi, Aman dan Nyaman)TEDUH : Teduh berarti kota Samarinda ini diharapkan dapat memeberikan pengayoman pada setiap warganya dalam berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya baik kebutuhan jasmani maupun rohani, secara adil dan merata. Selain itu secara fisik diharapkan kota Samarinda akan ditanami pohon-pohon rindang sehingga kota menjadi teduh dn nyajaman.RAPI : Mengandung makna tertib indah dan bersih dimana terwujud ketertiban yang tercermin dari sikap hidup warga kota dan aparat pemerintah yang mematuhi sebagai peraturan yang berlaku serta tergambar dari wajah kotanya yang bersih, tertata dengan baik dan indah.AMAN : Berarti tercipta nya suatu kondisi dimana setiap warga kota merasa bebas dari ancaman rasa takut dan aman lahir batin.NYAMAN : Berarti suatu keadan yang memberikan suasana nyaman dan rasa syukur dari setiap warga kota sehingan menimbulkan rasa gairah masyarakat untuk berbuat dan berpartisipasi dalam pembangunan. Untuk mencapai Samarinda kota "TEPIAN". Pemerintahan kota madya merencanakan berbagai program yang dilaksanakan secara bertahap dan terpadu setiap tahun anggaran, seperti APBN, APBD II, Bantuan Luar Negeri serta partisipasi pihak swasta.
Diantara program tersebuat antara lain:

- Program Penyediaan Air Bersih.

- Program Perbaikan Sistem Pembuangan Air Hujan ( Drainase )

- Program Pembuangan Air Limbah

- Program Perbaikan Sistem Persampahan

- Program Penyuluhan dan Perintisan Perbaikan Perumahan Rakyat

- Program Pengadaan dan Penataan Perumahan di Kota

- Program Tata Ruang Kota

- Program Perbaikan Prasarana Jalan Kota

- Program Pengendalian Banjir ( Flood Control )
Dilihat dari arti, makna dan program-program yang telah dilaksanakan dan akan terus dilaksanakan, maka kota Samarinda sebagai kota " TEPIAN" adalah dalamnya berisi program-program pembangunan yang harus dilaksanakan oleh pemerintah bersama-sama dengan masyarakat. Betapapun besarnya usaha pemerintah menjadikan kota Samarinda kota yang Teduh, Rapi, Aman dan Nyaman, tidak akan tercapai tanpa adanya partisipasi penuh dari masarakat.


sumber : samarindakota.go.id

1 komentar:

  1. Pak...kereeeen misinya, tambah fasilitas public pak...Samarinda kurang public spacenya....taman2 di sepangjang tepian ditingkatkan.....jadi nda sabar melihat kota Samarinda menjadi lebih maju....dan ADIPURA bisa ditangan....Amiiiiin

    BalasHapus